Cara Mempromosikan Konten TikTok untuk Bisnis - Jeda
  • Cara Mempromosikan Konten TikTok untuk Bisnis

    Memberikan jeda di hari libur bisa dimanfaatkan untuk belajar dan mencari strategi baru untuk bisnis yang sedang dirintis. Seperti belajar memahami salah satu aplikasi video pendek yang saat ini digandrungi oleh generasi milenial dan generasi Z. Ya, TikTok.

    TikTok viral karena membebaskan penggunanya untuk berkreasi dengan video dan musik. Platform yang mengusung konten video pendek ini digandrungi oleh masyarakat, tidak hanya anak muda saja, aplikasi ini juga banyak digunakan generasi lebih tua. .

    TikTok apps telah berkembang menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif yang telah mencapai 800 juta serta telah diunduh lebih dari satu miliar kali, dan jumlahnya pun melonjak dua kali lipat dalam 15 bulan terakhir, salah satu penyebabnya karena pandemi Covid-19...

    Selama pandemi Covid-19 telah diberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), banyak masyarakat yang menggunakan TikTok sebagai sarana hiburan entah itu sebagai penonton ataupun sebagai content creator. Bahkan tidak jarang konten-konten yang mereka buat bisa menjadi viral.

    Namun bagaimana caranya agar konten TikTok bisa menjadi viral dan bisa menghindari kesalahan promosi di TikTok? Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempromosikan konten Tiktok kamu agar bisa viral atau sering masuk FYP. Mari pelajari caranya di bawah ini!

    Cara Agar Konten TikTok Kamu Masuk FYP

    Agar konten kamu tetap dilihat oleh banyak pengguna TikTok, kamu perlu mempelajari platform tersebut. Sebab dengan mempelajari jenis konten apa saja yang banyak disukai oleh pengguna TikTok dan cara berinteraksi dengan orang lain di platform, bisnis kamu dapat menyesuaikan dengan alurnya secara alami.

    TikTok dikenal menyediakan konten yang menyenangkan dan menarik secara visual. Jika kamu melihat halaman trending TikTok, kamu akan menemukan banyak video konyol yang dipadukan dengan lagu-lagu hit.

    Aplikasi ini bukan tempat untuk promosi penjualan yang serius. Menurut Global Web Index TikTok digunakan terutama oleh orang-orang yang berusia antara 16 dan 24 tahun, jadi kamu perlu cara yang kreatif jika ingin sukses dan terhubung dengan mereka.

    Berikut Ini adalah Cara Mempromosikan Konten TikTok untuk Bisnis agar viral

    Hashtag Challenge

    Cara lain untuk mempromosikan konten kamu di TikTok adalah dengan meluncurkan tantangan hashtag atau hashtag challenge. Tantangan hashtag adalah ketika kamu mendorong pengguna TikTok untuk membuat ulang konten atau melakukan duet dan menambahkan hashtag milik kamu ke dalamnya.

    Misalnya, merek Guess adalah salah satu perusahaan pertama yang meluncurkan tantangan tagar. Mereka mendorong pengguna TikTok untuk memfilmkan diri mereka sendiri dengan mengenakan lini denim baru Guess dengan tagar #InMyDenim.

    Tantangan hashtag yang menyenangkan tidak hanya mempromosikan bisnis kamu, tetapi juga mendorong interaksi dan keterlibatan pengguna. 

    Bekerja dengan Influencer TikTok

    Influencer khusus TikTok mungkin belum besar, tetapi mereka akan menjadi besar dan kamu dapat bekerja dengan mereka untuk memperluas jangkauan kamu di platform. Generasi Z biasanya menentang apapun yang terlihat seperti iklan tradisional. Jadi, bekerja dengan influencer TikTok benar-benar dapat membantu kamu terhubung dengan generasi pengguna tersebut.

    Agar promosi melalui influencer TikTok mendapatkan hasil sesuai dengan yang kamu inginkan, kamu perlu mencari influencer yang tepat. Untuk mencari influencer, kamu bisa memanfaatkan platform TikTok itu sendiri ataupun juga melalui mesin pencari google dan media sosial lainnya.

    Untuk bisa bekerja sama dengan influencer TikTok, kamu bisa berkolaborasi dengan tim digital marketing agency Jakarta atau digital marketing agency Indonesia supaya memudahkan dalam koordinasi dan juga perjanjian kerja samanya.

    Manfaatkan TikTok Ads

    Butuh beberapa saat tetapi TikTok akhirnya memperkenalkan iklan ke platform mereka. TikTok apk menawarkan empat jenis iklan termasuk:

    Konten Asli Infeed: Jenis iklan ini mirip dengan iklan Snapchat atau Instagram story dan mendukung banyak fitur seperti klik situs web atau unduhan aplikasi.

    Pengambilalihan Merek: Ini memungkinkan merek mengambil alih TikTok untuk hari itu. Mereka dapat membuat gambar, GIF, dan video dengan tautan yang disematkan ke halaman arahan atau tantangan hashtag.

    Tantangan Hashtag: Daripada mencoba membuat tantangan hashtag menjadi viral sendiri, kamu dapat menggunakan hashtag yang dipromosikan untuk mendapatkan lebih banyak keterlibatan.

    Lensa Bermerek: Lensa bermerek seperti lensa Snapchat 2D dan 3D untuk wajah dan foto.

    Seperti halnya platform media sosial lainnya, iklan dapat membantu kamu menjangkau banyak pengguna di platform. TikTok juga menawarkan penargetan yang tepat sehingga kamu dapat memastikan konten kamu menjangkau pengguna yang tepat dan mereka akan tertarik dengan apa yang kamu tawarkan. Jadi, apakah TikTok apps lebih masuk akal bagi kamu sekarang? Jika kamu memiliki target audiens generasi Z, TikTok adalah tempat yang tepat untuk menarik perhatian mereka. Gunakan cara ini untuk memastikan kamu mendapatkan hasil maksimal dari strategi promosi TikTok kamu.
  • You might also like

    No comments :

    Post a comment